Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh


Bumi yang kita tinggali ini, terdapat lautan yang sangat luas. Begitu banyak air ditampungnya yang tak pernah surut. Juga terdapat jutaan bahkan milyaran spesies yang hidup didalamnya. Daratan yang menghampar luas membentuk pulau-pulau, pohon-pohon tumbuh didalamnya, gunung-gunung yang kokoh berdiri tegak, hewan-hewan dengan milyaran spesies dari yang paling kecil sampai yang paling besar berkeliaran menjalankan aktifitasnya, juga manusia yang beraneka ras, suku, dan budaya bertebaran menjalankan aktifitasnya. Langit yang menjulang tinggi dan kokoh seolah-olah menjadi atap tanpa tiang, dihiasi bintang-bintang dan bulan di kala malam, ada matahari yang selalu update menyinari bumi dikala siang, seolah menjadi senter raksasa untuk menerangi bumi. Serta segalanya yang ada dilangit dan di bumi itu telah wujud karena adanya penciptaan.




Alloh telah menciptakan bumi dan langit serta segala yang terkandung didalamnya dalam enam masa.


Lebih lengkapnya lihat postingan sebelumnya DI SINI.


Dalam enam masa tersebut dibagi menjadi 4 masa untuk penciptaan Bumi dan segala isinya dan 2 masa untuk penciptaan langit.


Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, orang yahudi pernah bertanya kepada Rasululloh tentang pembuatan langit dan bumi, dan Rasululloh menjawabnya :


"Alloh membuat bumi pada hari ahad (minggu) dan senin serta membuat gunung-gunung dan segala sesuatu yang bermanfaat pada hari selasa, pada hari rabu Alloh membuat pohon-pohon, air, kota-kota, keramaian, dan keruntuhannya. Alloh membuat langit pada hari kamis, serta membuat bintang, matahari, bulan, dan malaikat pada hari jum'at dan hanya bersisa tiga jam. Pada jam pertama Alloh membuat ajal bagi manusia, jam kedua melemparkan penyakit-penyakit kepada segala sesuatu, yang bermanfaat bagi manusia, dan pada jam ketiga Alloh menciptakan Adam dan menempatkannya ke surga serta memerintahkan iblis untuk sujud kepada Adam, Alloh mengeluarkan adam dari surga pada akhir jam ke-tiga itu."

(Diriwayatkan oleh Al-Hakim, yang menganggap hadist ini shahih, yang bersumber dari Ibnu Abbas).


Mengenai hari-hari yang dimaksud diatas, belum tentu dalam satu hari berjumlah 24 jam. Boleh jadi 24 jam, boleh jadi lebih atau kurang. Wallohu A'lam,,,,,, Sebab dalam QS As-sajdah : 5 diterangkan


"Dia mengatur urusan dari langit ke bumi kemudian (urusan) itu naik kepadanya dalam satu hari yang kadarnya seribu tahun menurut perhitunganmu"

.

selain itu dalam Qur'an surah Al-Ma'arij ayat 4 alloh juga berfirman :

"para Malaikat & Jibril naik (menghadap) tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun".



Dengan memahami penciptaan langit dan bumi serta segala yang terkandung didalamnya kita diajarkan bahwasannya segala sesuatu itu membutuhkan proses, membutuhkan waktu, dan tidak akan pernah terjadi tanpa kehendak dari Alloh SWT.