Inilah agama agama yang muncul yang paling aneh dan unik di dunia.

Agama merupakan kepercayaan yang di anut setiap insan. Agama juga termasuk landasan kehidupan agar mewujudkan kepribadian yang baik antar sesama dan juga taat kepada sang pencipta. Munculnya agama-agama yang aneh di dunia, pada dasarnya boleh-boleh saja dalam tanda kutip, selama ajaran agama tersebut tidak menyinggung atau memodifikasi ajaran agama yang sudah ada.

Ok sobat jurnal blog, mungkin banyak diantara kamu yang belum tahu dan belum pernah mendengarnya sama sekali. Bagaimana tentang ajarannya, memang sebagian besar masih mengadopsi agama-agama yang sudah ada sebelumnya.

Penganut Ajaran Aneh Kaum Alam Semesta

Layaknya Raelisme, agama aneh terbaru ini juga terinspirasi oleh kehadiran alien. Kelompok ajaran yang bermarkas di Republik Ceko ini mendasarkan kepercayaannya pada mahkluk luar angkasa yang 'katanya' terus berkomunikasi dengan pendiri mereka, Ivo Benda, sejak tahun 1997 silam.

kaum-alam-semesta.jpg

Menurut Ivo Benda, alien memiliki awak kapal yang sewaktu-waktu dapat mengorbit Bumi. Awak kapal ini dipimpin oleh makhluk bernama Ashtar yang mengawasi umat manusia di Bumi, dan siap mengangkut mereka yang hidupnya baik dan memiliki sifat setia ke dimensi lain.

Kalau ada yang bermimpi untuk bertamasya ke luar angkasa, mungkin agama ini bisa menjadi salah satu solusi murah untuk mewujudkan impian tersebut. Nama agama aneh ini adalah Universe People dikenal juga dengan nama The Cosmic People of Light Powers.

Agama Baru Nuwaubianisme

nuwaubianisme.jpg

Menurut keterangan ahli cendikiawan, pengikut agama Nuwaubinisme (Nuwaubian Nation of Moors) ini dulunya adalah komunitas orang kulit hitam muslim yang tinggal di seputar daerah metropolitan New York. Akhirnya, mereka mendirikan sebuah markas di Putnam County, Georgia pada 1993 silam (kini sudah ditinggalkan).

Sayangnya, pemimpin spiritual mereka Dr. Malachi Z. York yang dijuluki Dwight York, pada suatu malam ditangkap karena dituduh mencuci uang dan melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak kecil. Anehnya, meski fakta kejahatan sang pemimpin sudah terungkap jelas, namun para pengikut agama Nuwaubianisme masih saja tetap bertahan sampai sekarang.

Menurut mitos dalam ajaran agama sesat Nuwaubianisme ini, orang kulit putih ditakdirkan untuk memperbudak orang kulit hitam, namun takdir ini akhirnya meleset. Mereka juga percaya wanita lebih dahulu ada beberapa generasi sebelum pria diciptakan lewat rekayasa cinta genetik

Gerakan Pangeran Phillip (Prince Phillip Movement / PPM)

Ayah suri dan suami dari Ratu Elizabeth II ini akhirnya bisa merasakan menjadi Raja dalam artian sebenarnya. Kaum penduduk Yaohnanen di Vanuatu, menganggapnya sebagai anak dari roh Bumi yang pergi menyeberangi lautan untuk menikahi seorang wanita yang berkuasa.

gerakan-pangeran-phillip.jpg

Setelah melihat cara pejabat Vanuatu melayani Ratu Elizabeth saat mengunjungi negara mereka, pengikut ajaran ini memutuskan bahwa suaminya pastilah 'anak roh Bumi' yang dimaksud dalam legenda tersebut. Pengikut Gerakan Pangeran Phillip merayakan ulang tahunayah dari Pangeran Charles yang jatuh pada tanggal 10 Juni setiap tahunnya sebagai festival keagamaan unik mereka.

Raelisme

Pernahkah kamu membayangkan Michael Schumacher atau Rio Haryanto mendirikan agama baru paling aneh di dunia? Enggak mungkin. Tapi cerita dari Claude Vorilhons, mantan pembalap mobil Prancis ini pastinya membuat siapa saja menggeleng-gelengkan kepala ketika mendengarnya.

raelisme.jpg

Ia mengaku pernah diculik oleh Alien dan diberitahu soal asal-usul manusia. Alien tersebut pulalah yang memberi Claude nama Rael saat dibawa ke planet nan jauh disana sobat jurnal blog, yang katanya bernama Elohim .Claude mengaku dirinya 'merasa terhormat' karena dapat bertemu dengan tokoh-tokoh keagamaan dan filsuf terkenal sepanjang sejarah, seperti Yesus, Konfusius, Buddha, dan Joseph Smith (pendiri aliran Mormonisme).

Claude alias Rael juga mengatakan bahwa Alien akan datang ke Yerusalem pada tahun 2025. Wow Mengerikan bukan?

Pana Wave di Jepang

Siapa yang tidak kenal Jepang dengan segala jenis keanehan abad ke 21 nya? Jika kamu belum pernah mendengar Pana wave, ajaran ini adalah gerakan yang didirikan oleh sekelompok orang cerdas yang kurang piknik.

Kaum ini mempercayai gelombang elektromagnetik adalah penyebab dari segala bencana yang ada di muka Bumi.

pana-wave.jpg

Mereka menyalahkan gelombang elektromagnetik sebagai biang keladi atas semua kekacauan lingkungan dan perubahan iklim yang terjadi. Konyolnya, pada tahun 2003 silam, kelompok Pana Wave ini pernah menculik seekor anjing laut kutub utara yang tiba-tiba muncul di permukaan sungai Tokyo. Kaum Pana Wave berpendapat kehadiran anjing laut di tempat yang aneh seperti sungai adalah bukti dari 'kejahatan' gelombang elektromagnetik, dan karenanya anjing laut tersebut harus dikembalikan ke Arktik demi mencegah terjadinya kiamat.

Rastafarianisme (Agama Rasta)

Satu lagi ini adalah paling aneh tapi nyata di dunia, meskipun ajaran agama ini sudah lama dikenal sejak tahun 1930. Rastafarianisme dikenal juga sebagai Gerakan Rastafari yang tumbuh di Jamaika, meyakini bahwa mantan Kaisar Ethiopia, Haile Selassie I adalah Raja diatas Raja, Tuan segala Tuan, Singa Penakluk dari suku Yehuda dalam artian sesungguhnya Tuhan yang berkuasa di Dunia.

rastafaranism.jpg

Banyak faktor penyebab yang membuat ajaran Rastafari ini timbul dan semakin bertumbuh suburumat pengikutnya, diantaranya akibat salah menafsirkan Nu buat dalam Alkitab, dan penyangkalan rasialis orang kulit hitam yang menentang perbudakan dari orang-orang berkulit putih. Sehingga mereka berharap melalui ajaran ini, semua aspirasi dan politik kulit hitam dapat diwujudkan oleh Pemimpin mereka.

Namun sayangnya, gerakan Rastafari ini pun ditentang keras oleh Kaum Rasta sendiri karena dianggap sudah melecehkan kaum mereka.

Agama Terbaru Jediism

Tidak dapat dipungkiri, fanatisme penggemar sekuel film Star Wars memang jauh lebih dalam ketimbang serial lainnya, sampai-sampai dikultuskan layaknya agama. Bagi kamu yang pernah menonton atau mungkin sudah menjadi penggemar fanatik film ini, maka sudah hafal dengan konsep Light Side vs Dark Side, dan kekuatan 'Force' yang menyatukan seluruh alam semesta.

agama-terbaru-jediism.jpg

Konsep agama unik ini sedikit mirip dengan konsep kebaikan yang diajarkan dalam agama-agama 'mainstream' sehingga membuat beberapa penggemar memilih mengikuti ajaran Jedi (Light Side) dalam kehidupan sehari-harinya.

Meski tidak memiliki organisasi pusat, namun gerakan ini punya sebuah 'rumah suci' bernama Temple of the Jedi Order yang berbasis di Texas. Kuil ini mengeluarkan sebuah kode voucher berperilaku bagi para pengikut Jediisme yang disebut 6 Ajaran Jedi. Ajaran ini mencampuradukkan nilai-nilai kemanusian dalam film Star Wars dengan ajaran agama yang berkembang di Asia Timur seperti Ajaran Buddha dan Tao.

Gerakan Kreativitas

Creativity Movement adalah gerakan separatis dan rasis yang mengedepankan 'Kreativitas' sebagai nilai utamanya. Meski banyak menggunakan istilah 'Kreator' dalam ajarannya, namun hal ini tidak merujuk kepada suatu konsep ketuhanan, melainkan kepada pengikutnya sendiri.

gerakan-kreativitas-crea.jpg

Gerakan ini bersifat ateis dan karenanya tidak memperkenalkan konsep kebesaran dan kekuasaan Tuhan. Creativity Movement digalang oleh Ben Klassen pada awal tahun 1973.

Itulah agama yang mereka anut dan mereka buat sedemikian rupa, walaupun cukup aneh tapi itu semua tergantung pada kepercayaan di dalam diri mereka. Bagaimana menurutmu sobat?