Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

bumi dan langit.jpg


Segala sesuatu yang telah ada pasti tidaklah muncul dengan sendirinya. Semuanya ada permulaaan penciptaan. Ada yang diciptakan, berarti ada yang menciptakan. Alloh lah yang menciptakan seluruh jagat raya dan segala isinya. Segala sesuatu yang ada dibumi dan dilangit dan yang ada diantara keduanya.


Alloh menciptakan langit, bumi dan segala isinya tidak dalam seketika itu langsung jadi, walaupun sebenarnya jika langsung seketika jadi tinggal kun fayakun. Jika Alloh menghendaki sesuatu maka ia hanyalah berkata kun fayakun ( jadilah maka terjadilah ). Namun dibalik itu semua Allohlah yang lebih mengetahui dan iapun maha berkehendak atas segala sesuatu.


Dalam penciptaan bumi dan langit terdapat masa / waktu. Alloh menciptakan bumi dalam 2 masa. Dalam QS al-fushilat ayat 9 disebutkan :


"katakanlah : sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada yang menciptakan bumi dalam 2 masa dan kamu adakan sekutu-sekutu baginya ? (yang bersifat) demikian itulah tuhan semesta alam."



kemudian Alloh menciptakan segala isinya dalam dua masa juga. Dalam QS Al-fushilat ayat 10 disebutkan :

"Dan Dia menciptakan dibumi itu gunung-gunung yang kokoh diatasnya. Dia memberkahinya dan dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam 4 masa. (penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya."



Dalam ayat diatas dijelaskan 4 masa, bukankah tadi dituliskan 2 masa yang benar empat atau dua masa ? Maksud ayat diatas adalah penciptaan bumi selama 2 masa dan penciptaan segala yang terkandung didalamnya adalah 2 masa, jika dijumlahkan menjadi 4 masa.

Seperti contoh: dari jawa timur ke bali 3 jam, dan ke nusa tenggara 5 jam. Itu bukan berarti 8 jam, tapi dari jawa timur ke nusa tenggara adalah 5 jam. Seperti itulah tata bahasa dalam bahasa arab.

Dan kemudian Alloh menciptakan langit dalam 2 masa. Dalam QS Al-fushilat ayat 12 diterangkan :


"maka dia menjadikannya tujuh langit dalam 2 masa dan dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya dan kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan yang maha perkasa lagi maha mengetahui"

Jika semuanya dijumlahkan berarti lama penciptaan langit, bumi dan segala yang terkandung didalamnya dan yang ada diantara keduanya adalah selama 6 masa. Seperti disebutkan dalam QS As-sajdah ayat 4 berikut :


"Allohlah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya dalam eman masa,,,"



Tidak hanya dalam surat as-sajdah saja yang menyebutkan bahwa bumi dan langit diciptakan dalam waktu 6 masa. Ayat-ayat lain yang menerangkan demikian adalah surat Al-a'raf : 54, Yunus:3, Hud: 7, Al-furqan: 59, Qaaf: 38, dan Al-hadid : 4.

Jadi dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa lama penciptaan langit, bumi dan segala yang terkandung didalamnya adalah berjumlah enam masa. Dua masa penciptaan bumi, dua masa penciptaan isi yang terkandung dalam bumi, dan dua masa penciptaan langit.