pranata%252Bsosial.jpg


Pranata Sosial merupakan sistem norma yang menata suatu rangkaian tindakan berpola guna memenuhi suatu kebutuhan pokok dari manusia dalam kehidupan masyarakat yang terbentuk melalui proses pembelajaran.


Pihak-pihak yang menyusun pranata sosial tidak lain adalah sekumpulan orang atau tokoh yang sangat berperan dalam masyarakat, dan sangat erat kaitannya dengan lembaga atau institusi.


pedagang-lele.jpg


Pengertian pranata sosial banyak dikemukakan oleh para sosiolog, berikut ini.

1. Koentjaraningrat

Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas aktivitas untuk memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.


2 Soerjono Soekanto

Pranata Sosial merupakan himpunan dari norma segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakat.

3. Bruce J. Cohen

Pranata sosial adalah sistem pola pola sosial yang tersusun rapi dan relatif permanen serta mengandung perilaku perilaku tertentu yang kukuh dan terpadu demi kepuasan dan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

4. Joseph S. Roucek dan Roland L. Warren

Pranata sosial adalah pola pola yang mempunyai kedudukan tetap untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia yang muncul dari kebiasaan kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dan cara cara yang sudah tidak dipungkiri lagi untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

5. Leopold Von Wiese dan Bacher Becher

Pranata sosial adalah suatu jaringan proses hubungan antarmanusia dan antar kelompok sosial yang berfungsi memelihara hubungan serta pola sesuai dengan minat dan kepentingan dalam kelompoknya.

6. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Pranata sosial merupakan sisem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting atau sekumpulan kebiasaan dan tata kelakuan yang berkisar pada kegiatan pokok manusia.

7. Robert Mac Iver dan Charles H. Pages

Pranata sosial merupakan tata cara atau prosedur yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang berkelompok dalam suatu kelompok masyarakat yang disebut "ASSOCIATION" .

8. Summer

Pranata sosial adalah perbuatan , cita cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang mempunyai sifat kekal, serta yang bertujuan untuk memenuhi kehidupan.


Terimakasih Sudah membaca artikel tentang Pranata Sosial




Penulis: Agung Laksana

Sekolah: SMK PGRI WANARAJA